Rabu, 11 Februari 2015

Untuk memiliki rumah sendiri tentu merupakan impian semua orang. Apalagi bisa membeli rumah dengan harga yang murah, tentu siapapun ingin bisa seperti itu.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencari dan membeli rumah dengan harga murah, di antaranya:

1.  Cari Rumah Agak Tua Usianya
Rumah agak tua biasanya harganya akan lebih murah. Namun janganlah rumah tua yang sudah hampir roboh, cari rumah yang usianya sudah agak tua tapi masih layak untuk dihuni.

Sebelum memilih rumah tua ini, kita juga harus sudah memperhitungkan juga biaya perbaikan yang sudah pasti diperlukan nantinya. 

2. Jangan di Lokasi Strategis
Jangan membeli Rumah tua namun dengan lokasi yang strategis, biasanya justru memiliki harga jauh lebih mahal dikarenakan rumah ini memiliki lokasi yang strategis.

3.  Beli rumah Pinggir Kota
Saat ini sudah sulit sekali untuk bisa menemukan rumah dengan harga murah di daerah pusat kota seperti Jakarta. Sebaiknya alihkan pencarian Anda ke daerah pinggiran kota seperti Bekasi, Tangerang, atau Bogor. 

Harga di daerah pinggiran ini biasanya akan jauh lebih murah dibandingkan di pusat kota. Selain itu, lokasi yang tadinya Anda anggap jauh akan terasa dekat, seiring berjalannya waktu dan perkembangan wilayah.

4.  Beli Rumah Lelang
Pelelangan rumah biasanya dilakukan bank ketika debitur tidak sanggup membayar KPR. Karenanya, harga rumah lelang ini biasanya lebih murah dibandingkan rumah bekas biasa. Sebaiknya jangan hanya mengincar satu rumah saja pada pelelangan ini, mengingat banyaknya pembeli yang juga mengincar rumah lelang.

5.  Beli Rumah Langsung Pemilik
Dengan membeli rumah langsung dari pemilik, kita bisa menghemat karena si pemilik tidak perlu membayar komisi untuk perantara. Dan juga bisa lebih bebas menawar harga. Jangan lupa tanyakan alasan mengapa mereka menjual rumah tersebut.

6. Luangkan Waktu Untuk Riset
Meluangkan waktu untuk melakukan riset mengenai harga pasaran rumah juga dapat membantu dalam membeli rumah dengan harga yang murah. Jangan lupa bandingkan berbagai penawaran harga dan KPR yang ditawarkan. Semoga Bermanfaat.